Dilihat : kali

saco-indonesia.com,

Perawatan Untuk Mesin Pengering

Mesin Pengering merupakan mesin pengering pakaian setelah proses pencucian dengan menggunakan mesin cuci. Mesin pengering ini biasanya telah tergabung dalam satu paket mesin cuci, dan banyak masyarakat yang lebih menyukai dan telah memilih mesin cuci yang telah dilengkapi dengan mesin pengering di dalamnya. Biasanya mesin pengering ini banyak di miliki oleh para pengusaha jasa laundry, karena akan dapat memudahkan dan mempercepat proses laundry yang sedang dilakukan. Apalagi cuaca yang tidak bisa di prediksikan, kadang siang panas terik namun sore hari hujan lebat dengan angin.  Sehingga akan susah untuk dapat mengeringkan pakaian dengan bantuan sinar matahari.  Oleh karena itu, harus diperlukan sebuah mesin cuci yang telah dilengkapi mesin pengering untuk dapat memudahkan proses pengeringan pakaian.

Perawatan Mesin Pengering
Mesin Pengering
Cara untuk membersihkan mesin pengering, pastilah akan sama halnya dengan membersihkan mesin cuci. Apalagi mesin pengering ini juga ada dalam satu paket bersama mesin cuci. Pasti, membersihkan nya akan juga sekaligus baik untuk mesin pengering dan juga mesin cuci nya. Berikut tips perawatan mesin pengering sekaligus mesin cuci, yaitu :

    Berusaha untuk mengatur mesin pengering dan mesin cuci dengan sistem penyetelan normal. Ini dilakukan untuk dapat menjaga perputaran mesin cuci dan juga mesin pengering, sehingga baik mesin cuci dan mesin pengering nya akan menjadi tahan lama.
    Usahakan tegangan mesin pengering dan mesin cuci cukup. Sebuah mesin pengering dan mesin cuci membutuhkan tegangan yang stabil  yaitu di bawah 240 volt.  Jika tegangan khusus mesin pengerring ini di atas, maka pematik api atau ignitor  tidak akan mampu berfungsi secara sempurna sehingga api tidak akan keluar dan mesin pengering tidak digunakan dengan maksimal. Untuk cek dan melihat tegangan mesin pengering, anda bisa menggunakan alat seperti stavolt.
    Sering cek elemen pemanas mesin pengering anda. Elemen pemanas pada mesin pengering ini seperti burner, pematik api, sensor termal panas.  Usahakan untuk selalu memeriksa dan membersihkan elemen tersebut dari kotoran, sehingga proses pengeringan akan dapat dilakukan dengan cepat. Pastikan selalu untuk melihat ignitor yang berwarna merah itu menyala  dan timbul percikan api ketika mesin pengering dihidupkan. Namun jika ignitor tersebut menyala dengan lampu indikatornya berwarna putih atau kekuningan, maka ada baiknya untuk segera ganti ignitor tersebut dengan yang baru.
    Pastikan pengaturan proses pengeringan sesuai dengan pakaian  yang akan dikeringkan. Untuk dapat mengatur proses pengeringan pakaian, anda alihkan tombol atau knop program  pada setelan normal heat atau panas sedang. Namun jika anda memilih tombola tau knop program no heat, maka tidak akan udara panas yang keluar. Semua hal tentang pengaturan pengeringan mulai dari memilih waktu, pilihan program, jenis kain dan juga temperature sangat memainkan peran yang sangat penting  dalam proses pengeringan pakaian di dalam mesin pengering

Editor : Dian Sukmawati

PERAWATAN MESIAN PENGERING

Artikel lainnya »