Dilihat : kali

Kepala Detasemen Markas (Denma) AKBP Pamudji telah tewas ditembak di Polda Metro Jaya kemarin malam. Diduga, korban ditembak oleh anak buahnya sendiri.

Menanggapi kasus ini, anggota Komisi III DPR Harry Witjaksono juga meminta agar Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti turun untuk menyelesaikan kasus ini. Sebab, masalah internal kepolisian ada di tangan Wakapolri.

"Tugas Wakapolri menegakkan disiplin Polri, terlepas masalahnya apapun itu, tembak-tembakan polisi itu juga bisa membuat disiplin runtuh," ujar Harry di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (19/3).

Dia mendesak kasus ini harus segera diselesaikan dengan tuntas. Menurut dia, akibat kasus ini akan menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat kepada institusi Polri.

"Saya juga minta Badrodin untuk menegakkan disiplin setegak-tegaknya," tegas dia.

Untuk dapat menghindari hal serupa terjadi kembali, Harry juga berpendapat, agar Polri terus memeriksa psikologis para anggotanya. Khususnya bagi mereka yang dipercaya memegang senjata api. "Secara berkala harus diperiksa psikologisnya. Masih layak engak megang pistol," tegas dia.

Dia juga berpesan kepada Kapolda Metro Jaya baru, Irjen Dwi Prayitno agar mengawasi anak buahnya. Sebab hal ini dapat mencoreng citra kepolisian.

"Harus menegakkan disiplin pada anggota, malu di depan masyarakat. Gimana kita mau memberikan rasa aman kepada masyarakat kalau antar polisi saling tembak," ujarnya.

Kasus tembak-tembakan polisi bikin disiplin runtuh

Artikel lainnya »