CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 05-06-2023 10:32:28

Dalam agama Islam, terdapat bermacam berkah yang dapat diamalkan buat berharap pada Allah SWT supaya dijauhkan dari seluruh aib bumi ataupun alam baka.

Salah satu berkah yang butuh dibaca serta diamalkan tiap mukmin ialah berkah penghapus kesalahan. Alasannya, orang tanpa diketahui ataupun tidak ialah insan yang tidak bebas dari kesalahan, bagus kesalahan kecil ataupun besar.

Pastinya, berkah pula wajib dibarengi dengan intensitas, menangisi aksi serta berupaya tidak hendak mengulangi kekeliruan yang serupa.

Perihal itu jauh lebih bagus, sebab bagi Rasulullah SAW sebaik- baiknya pelakon kesalahan merupakan orang yang mengetahui kesalahannya kemudian bertobat berharap maaf pada Allah SWT.

Semacam yang dituturkan dalam Hadits Riwayat Ibnu Majah, ialah“ Tiap anak generasi Adam itu melakukan kesalahan. Serta sebaik- baik orang yang melakukan kesalahan merupakan banyak orang yang ingin bertobat.”

Lalu, apa saja berkah penghapus kesalahan yang dapat diamalkan oleh pemeluk mukmin? Ikuti sepenuhnya di dasar ini.

1. Berkah Penghapus Kesalahan Setelah Salat

Berkah penghapus kesalahan ini dapat dibaca serta diamalkan sehabis doa 5 durasi. Berkah pendek ini butuh dibaca pemeluk mukmin supaya menemukan belas kasihan dari Allah SWT. Ada pula berkah penghapus kesalahan setelah doa merupakan selaku selanjutnya:

‎للَّهُمَّإِنِّيْأَسْأَلُكَالْعَافِيَةَفِيالدُّنْيَاوَاْلآخِرَةِ

Allahumma inni asalukal afwa wal afiyah fid dini wad dunya wal akhirah.

Maksudnya:" Betul Allah, sangat, saya berharap kepada- Mu maaf serta daya pada agama, bumi, serta alam baka."

2. Berkah Penghapus Dosa

Tiap mukmin yang mau menghilangkan dosa- dosanya, seharusnya bertaubat. Taubat sendiri ialah jalur buat menghilangkan kesalahan serta kekeliruan yang sempat dicoba.

Sebesar apapun kekeliruan orang, Allah hendak memaafkan bila hamba- Nya bertaubat dengan benar- benar serta tidak mengulangi kesalahannya.

Penerapan taubat wajib dibarengi dengan kebaikan hati, intensitas, menangisi aksi, dan tidak hendak mengulangi kesalahan kekeliruan yang serupa. Sehabis melaksanakan doa taubat, pemeluk mukmin direkomendasikan buat membaca berkah taubat ataupun berkah penghapus kesalahan selaku selanjutnya:

‎للَّهُمَّأَنْتَرَبِّيْلاَإِلَـهَإِلاَّأَنْتَ،خَلَقْتَنِيْوَأَنَاعَبْدُكَ،وَأَنَاعَلَىعَهْدِكَوَوَعْدِكَمَااسْتَطَعْتُ،أَعُوْذُبِكَمِنْشَرِّمَاصَنَعْتُ،أَبُوْءُلَكَبِنِعْمَتِكَعَلَيَّ،وَأَبُوْءُلكبِذَنْبِيْفَاغْفِرْلِيْفَإِنَّهُلاَيَغْفِرُالذُّنُوْبَإِلاَّأَنْتَ

Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta, khalaqtani wa ana abduka wa ana versi ahdika wa wadika mastathatu, audzu bika min syarri ma shanatu, abuu laka binimatika alayya wa abuu bidzanbi faghfirli fa innahu laa yaghfirudz dzunuba illa anta.

Maksudnya:“ Betul Allah, Anda merupakan lah Tuhanku, tidak tuhan tidak hanya Anda yang sudah menghasilkan saya. Saya merupakan hamba Mu serta saya terletak di atas sumpahku serta janjiku pada- Mu semampuku. Saya bersembunyi kepada- Mu dari aib yang saya jalani. Saya membenarkan atas nikmat yang Anda bagikan kepadaku serta saya membenarkan kesalahan( yang saya perbuat). Hingga, maafkanlah saya. Sebetulnya tidak terdapat yang dapat memaafkan dosa- dosa tidak hanya Anda.”

Tidak hanya membaca berkah diatas, pula wajib diiringi dengan susunan ibadah yang lain, supaya berkah yang kita panjatkan dapat terkabul dengan kilat serta pas.